Sunday, February 28, 2016

Topologi Jaringan Komputer

Sahabat TIK, Topologi jaringan komputer adalah susunan komputer secara fisik dalam sebuah jaringan. Pada sistem jarngan LAN terdapat empat jenis topologi jaringan yaitu topologi bintang, topologi cincin, topologi bus, dan topologi pohon.
1.      Topologi Bintang
Pada topologi bintang terdapat perangkat komputer yang berfungsi sebagai pusat pengontrol. Semua komputer yang ada dalam jaringan yang hendak berkomuikasi dan berinteraksi harus melalui pusat pengontrol tersebut. Pusat pengontrol dapat berupa hub atau switch. Jika terjadi kegagalan transmisi, penyebab kegagalan akan mudah diketahui karena dalam topologi bintang hubungan dan pengelolaannya lebih mudah. Akan tetapi, jika pada pusat pengontrol terjadi kerusakan, jaringan secara keseluruhan akan mengalami kegagalan.
2.      Topologi Cincin
Pada topologi cincin informasi yang dikirim oleh sebuah komputer akan dilewatkan ke media transmisi melalui satu komputer ke komputer selanjutnya. Akibatnya jika terjadi kegagalan pada salah satu simpul maka semua hubungan akan terputus.
3.      Topologi Bus
Topologi bus merupakan topologi jaringan komputer yang semua simpulnya (umumnya komputer) dihubugkan oleh kabel yang disebut bus.kabel yang digunakan sebagai bus adalah kabel koaksial. Jika seorang pemakai mengirimkan pesan ke pemakai lain, pesan tersebut akanditransmisikan melalui bus.
4.      Topologi Pohon
Topologi pohon merupakan pengembangan dari topologi bintang, dimana salah satu simpul menjadi pengontrol bagi sejumlah simpul di bawahnya. Topologi pohon banyak digunakan pada LAN karen kemudahannya dalam melakukan ekspansi. Selain itu, pengembangannya cukup mudah dibandingkan topologi jaringan yang lain, seperti pemakain kabel yang tidak terlalu banyak.

No comments:

Post a Comment