Sunday, February 28, 2016

Menemukan Manfaat Layanan Internet

Sahabat TIK, Tiap-tiap layanan dalam internetmemiliki kekhasan dan fungsi tersendiri. Layanan-layanan tersebut dapat dikatakan sebagai saling melengkapi untuk menjawab kebutuhan kalian berkomunikasi dengan rekan-rekan, orang tua, atau guru lewat internet. Beberapa layanan tersebut antara lain:
1.      Electronic Mail (E-mail)
E-mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. Mengirim email sama dengan mengirimkan surat biasa. Kita bisa bercerita, mengirimkan pesan atau apa saja. Layanan e-mail juga dapat menirimkan lampiran berupa file yang berisi gambar atau tulisan. E-mail juga dilengkapi dengan mail box (kotak surat elektronik) yang dapat menempun surat-surat yang dikirim kepada kita. Mail box ini cukup besar untuk menampung surat dalam bentuk teks beserta dengan lampirannya.
2.      Mailing list (Milis)
Merupakan aplikasi yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui email. Melalui milis kita dapat mengirimkan berbagai pengumuman seperti lomba pidato, olimpiade matematika, pertandingan basket, dan artikel-artikel menarik lainnya.
Milis ini sangat cocok digunakan untuk koordinasi antarpengurus OSIS panitia malam kesenian, tim sepak bola, atau untuk grup diskusi. Setiap email yang dikirim oleh anggota milis secara otomatis akan sampai ke seluruh anggota milis.
 Untuk membangun milis gratis, kita dapat memanfaatkan fasilitas milis yang disediakan di dalam http://www. Yahoogrups.com.
3.      Internet Ralay Chat (chatting)
Merupakan aplikasi yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet. Melalui chatting kita dapat berkomunikasi dengan rekan-rekan yang ada dalam sebuah ruang chatting. Chatting merupakan sarana yang murah untuk berkomunikasi secara tekstual. Memang sedikit ada kekakuan dibandingkan percakapan langsung lewat telepon. Namun bagi yang sudah terbiasa, chatting akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.
4.      Newsgroup
Merupakan aplikasi yang digunakan untuk bekomunikasi dalam satu forum. Grup-grup ini akan menjadi sarana pertemuan jarak jauh secara elektronik. Di newsgroup setiap orang bebas memberi dan mmbaca informasi. Setiap orang bebas memberi komentar terhadap sesuat masalah yang ada dan komentar itu juga akan terbaca oleh orang emakai newsgroup.
5.      File Transfer Protocol (FTP)
Merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari sebuah komputer lain. Fasiitas layanan ini memungkinkan kita untuk menyalin file secara elektronik dari satu komputer ke komputer lainnya di dalam internet. Layanan ini juga dapat digunakan untuk mengumpulkan laporan pratikum atau paper kepada guru, bertukar foto atau animasi lucu sebagi selingan kepada teman-teman.
6.      Telnet
Merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Jika ingin komputer kita seolah-olah terhubung langsung dengan komputer sahabat kita, gunakan saja layanan telnet. Namun kita arus memiliki alamat IP , user ID dan password dari komputer teman kita agar dapat mengakses secara langsung. Melali fasilitas telnet kita dapat bertukar file yang berisi tulisan, gambar, animasi, fil , lagu, atau game dengan teman-teman secara langsung.
7.      Buletin Board Service (BBS)
Layanan BBS merupakan pusat layanan informasi yang menyediakan informasi dari berbagai bidang, seperti bidang pendidikan dan teknologi, bisnis, sosial, juga promosi niaga. Fasilitas BBS ini juga memungkinkan kita untuk berdiskus dengan para pengakses lain untuk membicarakan masalah atau topik tertentu. Selain itu kita juga dapat mendownload berita atau file dari penakses lain atau melakukan upload berita atau file agar dapat di akses oleh pengakses lainnya.
8.      World Wide Web (WWW)
Merupkan aplikasi yang paling banyak digunakan dan merupakan aplikasi yang paling penting. WWW adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. WWW mencakup sumber daya multimedia, antara lain, suara, gambar, video, audio, dan animasi. Aplikasi ini akhirnya menjadi semacam sarana untuk menyajikan inormasi yang interaktif.
Akhir-akhir ini, layanan WWW lebih dikenal dengan sebutan web. Kita dapat memanfaatkan web utuk menyajikan profil diri. Jika profil diri tersebt terdiri dari beberapa halaman web, maka sekumpulan halaman web yang berisi profil diri itu disebut situs web profil diri.
9.      Teleconference
Seperti sudh dijelaskan, fasilitas chatting kurang nyaman karena komunikasi hanya dilakukan dengan menggunakan tulisan. Untuk memperbaikinya, aplikasi chatting terus dikembangkan sampai tercipta voice chat, bahkan saat ini sudah tercipta teleconference. Dengan adanya layanan multimedia internet,para ahli terus mengembangkan layanan teleconference dengan lebih sempurna. Gagasannya adalah agar kita yang menggunakan internet dapat saling berkomunikasi dengan bertatap muka walaupun percakapan dilakukan dari jarak jauh.
10.  Internet Telephony
Internet Telephony memungkinkan kita untuk berbicara melalui internet, seperi layaknya menggunakan pesawat telepon. Namun terminal yang digunakan berupa komputer yang dilengkapi dengan alat penerima dan mikrofon.
11.  Internet Fax
Internet juga dapat digunakan untuk mengirimkan faksimile tanpa perlu menggunakan mesin faksimile. Aplikasi untuk pengiriman faksimile lewat internet tersebut mudah digunakan dan pengirimannya lebih mra karena dihitung sebagai biaya lokal. Layanan internet fax ini juga memberikan kemudahan bagi para sekretaris untuk mengirimkan pesan faksimile dalam jumlah yang sangat banyak.

No comments:

Post a Comment