Sunday, February 28, 2016

Sejarah Dan Perkembangan Internet

Sahabat TIK, Pada tahun 1960-an Deprtemen Pertahanan Amerika Serikat khawatir akan kemungkinan terjadinya perang nuklir. Hal ini membuat dimulainya penelitian untuk menghubungkan komputer-komputer yang dimiliki departemen pertahanan dalam satu instalasi. Komputer tersebut diharapkan dapat saling berkomunikasi dan tetap bertahan jika perang benar-benar terjadi. Pada bulan oktober 1962 dimulailah program riset komputer di ARPA (Advanced Research Project Agency) dengan Joseph Licklider sebagai ketua program pertama.
Pada tahun 1966 Bob Taylor dari ARPA menerima bantuan dana dari beberapa Universitas di Amerika Serikat untuk melakukan percobaan membuat jaringan yang menghubungkan komputer-komputer dari sejumlah yang menandai percobaan ini. Pada tahun 1969 jaringan tersebut berhasil dibuat yang disebut sebagai ARPANET. Jaringan itu kemudian menjadi cikal bakal lahirnya internet.
          Pada thun 1986 internet kemudian dipergunakan secara terbuka untuk umum. Sejak saat itu penggunaan internet berkembang dengan sangat cepat ke seluruh dunia.

No comments:

Post a Comment