Sunday, February 28, 2016

Pengoperasian E-mail

Sahabat TIK, Salah satu fasilitas yang ada di internet adalah e-mail. Dengan menggunakan fasilitas ini kita bisa saling mengirim surat melaui media elektronik. Surat kita akan sampai dalam waktu yang singkat dan tidak memerlukan biaya yang mahal.
·         Membuat Account E-mail
Untuk dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang dimiliki e-mail, kita harus memiliki sebuah alamat e-mail (account e-mail) terlebih dahulu. Untuk mendapatkan alamat e-mail kita harus mendaftarkan diri melalui situs-situs yang menyediakan layanan e-mail. Kita bisa saja memanfaatkan fasiitas pendaftaran e-mail gratis, seperti yang disediakan oleh www.yahoo.com, www.hotmail.com, dan situs-situs lainnya.
Berikut adalah  langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendapakan e-mail gratis dari yahoo:
a.       Jalankan browser. Di kotak Address, ketiklah alamat website tempat kita ingin membuat account e-mail. Di sini kita akan membuka www.yahoo.com. Halaman web dari yahoo akan ditampilkan.
b.      Kliklah ikon e-mail yang terdapat di haama web yahoo. Halaman web untuk layanan e-mail dari yahoo akan ditampilkan.
c.       Di halaman web, carilah kotak dialog user ID dan password. Di bagian tersebut terdapat tombol Sign In untuk login dan Sign Up untuk mendaftar. Klik tombol Sign Up. Halaman web untuk mnenampilkan account baru akan ditampilkan.
d.      Isikanlah semua data yang diminta. Pada bagian Yahoo!ID, masukkanlah user ID yang dipilih. User ID tersebut akan digunakan sebagai nama di alamat e-mail kita.
e.       Untuk mengecek apakah Yahoo!ID yang kita masukkan masih dapat digunakan, klik tombol Check Availability of This ID.Jendela baru untuk mengeck apakah Yahoo!ID masih dapat digunakan atau tidak akan ditampilkan.
f.       Jika ID yang dipilih tidak dapat digunakan lagi, gantilah dengan ID yang lain sampai ID tersebut dapat digunakan.
g.      Setelah melengkapi semua data yang ada, kliklah tombol I Agree. Halaman web yang menyatakan proses pendaftaran sudah selesai akan ditampilkan.
h.      Kliklah tombol Continue Without Installing Yahoo!Toolbar. Halaman  web untuk login akan ditampilkan.
i.        Masukkanlah user ID dan password yang sudah dibuat, kemudian klik tombol Sign In.

·         Menulis dan Mengirimkan E-mail
Setelah membuat alamat email, sekarang kita dapat mengunakan fasiltas email tersebut, baik untuk menerima maupun mengirim e-mail. Mengetik e-mail dilakukan di kotak teks yang disediakan. Menulis dan mengirimkan e-mail dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.       Bila kita belum login ke email account, kita harus login terlebih dahulu.
b.      Kliklah tombol Compose di bagian kiri halaman web Yahoo!Mail. Halaman web untuk menulis surat akan ditampilkan.
c.       Masukkan alamat e-mail penerima dan subjek dari e-mail yang akan kita kirim.
d.      Ketiklah isi e-mail. Setelah selesai menulis isi e-mail kliklah tombol send.
e.       Bila pengiriman e-mail sukses, akan ditampilkan halaman web yang menyampaikan pesan bahwa e-mail kita sudah dikirim. E-mail kita akan dikirim ke alamat e-mail, sesuai dengan alamat email yng dimsukkan.
Selanjutnya, jika kita ingin mengirimkan e-mail yang lain, kita dapat mengklik tombol compose. Jika ingn kembali ke daftar e-mail, kita dapat mengklik teks link Back to Inbox. Sedangkan jika kita ingin kembali ke daftar e-mail sambil mengecek apakah ada e-mail yang masuk atau tidak, kita dapat mengklik tombl Check Mail.

·         Membaca E-mail
Bila kita ingin membaa sebuah e-mail, terleih dahulu kita harus masuk ke kotak surat, kemudian membuka email yang ingin dibaca. Langkah-langkah untuk membuka sebuah e-mail adalah sebagai berikut:
a.       Tampilkan halaman login Yahoo!Mail. Masukkan user ID dan password. Klik tombol Sign In. Jika user ID dan password yang dimasukkan benar, halaman web untuk e-mail account akan ditampilkan.
b.      Di halaman web yang ditampilkan, klik Inbox. Halaman web yang memuat daftar email yang ada di kotak surat akan ditampilkan.
c.       Untuk membaca e-mail, klik dua kali di subjek e-mail yang ingin dibaca. Isi email akan ditampilkan.
d.      Setelah kita membaca e-mail yang kita pilih, kita dapat membaca e-mail selanjutnya dengan cara mengklik tombol Next. Atau bisa juga kembali melihat dafta e-mail yang masuk dengan cara menglik tombol Back di toolbar atau mengklik teks link Inbox.





·         Menjawab E-mail (Reply)
Setelah membaca sebuah e-mail, terkadang kita ingin menjawab e-mail tersebut. Menjawab e-mail dikenal juga dengan istilah reply. Langkah-langkah untuk menjawab sebuah e-mail adalah sebagai berikut:
a.       Setelah membaca e-mail, klik tombol Reply. Halaman web untuk menjawab email akan ditampilkan.
b.      Pada kotak teks To, isikan nama dan alamat e-mail tujuan. Ketiklah isi e-mail yang menjadi jawaban kita.
c.       Klik tombol Send. Halaman web yang menyatakan e-mail kita sudah dikirim akan ditampilkan.
Menjawab e-mail akan memudahkan penerima surat memahami apa yang kita tulis. Hal ini karena e-mail yang dia tulis disertakan di bawah jawaban yang kita buat. Dengan membaca e-mail yang telah dia kirimkan, akan memudahkannya memahami jawaban yang kita berikan.

·         Meneruskan e-mail (Forward)
Terkadang setelah mnerima sebuah e-mail dari seseorang, kita perlu  atau ingn meneruskan isi e-mail tersebut ke orang lain. Hal ini bisa saja karena isi e-mail yang kita terima merupakan informasi yang penting bagi orang lain juga. Meneruskan sebuah e-mail dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.       Bukalah dan bacalah e-mail. Jika ingin meneruskannya ke orang lain, klik teks link Forward. Halaman web untuk meneruskan e-mail akan ditampilkan.
b.      Masukkanlah alamat tujuan.
c.       Ketiklah isi e-mail jika ingin menambahkannya.
d.      Klik tombol Send. Jika proses pengiriman berjalan lancar, halaman web yang menyatakan pengiiman telah selesai dilakukan akan ditamplkan.

·         Menghapus E-mail
Agar kotak surat kita tidak penuh, kita perlu menghapus e-mail yang sudah tidk dibutuhkan lagi. Bila kita ingin menghapus e-mail setelah membaca e-mail tersebut (pada saat e-mail dibuka), dapat ilakukan dengan cara mengklik tombol Delete.
Apabila ingin menhapus e-mail dari daftar e-mail yang terdapat di kotak surat, dapat dilakukan dengan cara memberi tanda cek di kotak cek e-mail yang bersangkutan, kemudian mengklik tombol Delete. Jika ingi menghapus lebih dari satu e-mail, berilah tanda cek pada semua e-mail yang ingin dihapus tersebut. Kemudian klik tombol Delete.

No comments:

Post a Comment