Sunday, February 28, 2016

Search Engine

Sahabat TIK, Mesin pencari (search engine) adalah sebuah program pencari yang digunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi di internet. Mesin pencari mempunyai sebuah database yang memuat semua item yang ada di internet dan halaman-halaman web yang menyimpan informasi yng berhubungan dengan item-item tersebut.
Umumnya struktur dasar sebuah mesin pencari adalah sebagai berikut:
1.      Kotak teks pencarian digunakan sebagai tempat untuk memasukkan kata kunci yang akan dijadikan sebagai acuan pencarian.
2.      Tombol pencarian untuk menjalankan perintah pencarian.
Cara kerja sebuah mesin pencari adalah ketika kita akan melakukan pencarian informasi di internet, komputer kita akan mengirimkan kata kunci pencarian ke server mesin pencari yang digunakan. Server mesin pencari akan melakukan dokumen web di database yang dimilikinya.
Ada beberapa kriteria yang bisa digunakan untuk menentukan sebuah mesin pencari yang bagus dan handal, yaitu:
1.      mempunyai database yang besar dan sering diperbarui,
2.      tidak memiliki spam dan memberikan hasil pencarian yang relevan,
3.      mempunyai kecerdasan buatan yang baik, sehingga mengerti dan dapat memperkirakan apa yang dicari oleh penggunanya,
4.      mengetahui cara kerja mesin pencari yang digunakan, sehingga kita dapat mengeksploitasi kelebihan mesin pencari tersebut.

Berikut adalah beberapa mesin pencari yang dikenal dan banyak digunakan:
1.      Google (www.google.com)
Google berdiri pada tahun 1998. website ini didirikan oleh dua orang bersahabat dari Stanford University.
Kelebihan utama google adalah mudah digunakan, layout yang ringkas, cepat, dapat memperkirakan apa yang pengguna cari, dan mempunyai fasilitas untuk mencari website yang sudah hilang. Saat ini, Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan. Google mempunyai database yang besar. Ditambah lagi Google membagi database dengan mesin pencari lain, seperti Yahoo. Artinya, jika kata yang kita cari tidak ada di database google, pencarian akan dilakukan di database Yahoo. Google juga dilengkapi dengan pencarian menggunakan berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia.
2.      Yahoo (www.yahoo.com)
Yahoo mesin pencari yang menggunakan indeks direktori. Yahoo berasal dari koleksi link pribadi Jerry Yang.
Kelebihan yahoo adalah mempunyai database yang besar dan membagi databasenya dengan Google. Jika kata yang dicari tidak terdapat Yahoo, pencarian akan dilakukan di database Google. Kelebihan lain adalah semua webmaster ingin agar website mereka terdaftar di indeks Yahoo. Dengan kata lain, database Yahoo memuat semua daftar halaman web.
3.      Altavista www.altavista.com
Altavista merupakan mesin pencari yang didirikan oleh Digital Corp. Altavista mempunyai kelebihan dalam Pencarian Canggih (Advancd search) dengan menggunakan operator boolean AND, OR, ( ), NOT, NEAR,”, dan*.kelebihan ini akan mempermudah kita untuk mencari informasi yang lebih spesifik.


4.      Lycos (http://lycos.com)
Lycos dibuat di Carnegie Mellon Universty pada Mei 1994. Lycos merupakan mesin pencari yang tertua. Lycos mempunyai kelebihan yaitu mudah digunakan. Lycos mudah menemukan website yang terdapat di tripod.com.

Teknik pencarian sebuah mesin pencari juga beragam, bisa berdasarkan kata kunci, kategori, maupun frasa.
1.      Mencari Dengan Kata Tertentu
Berikut ini langkah-langkah melakukan pencarian dengan kata tertentu:
  1. Jalankan Internet Explorer. Kemudian di kotak Address Bar ketiklah alamat website mesin pencari yang kita gunakan, misalnya www.google.com. Kemudian klik tombol Go atau tekan enter di keyboard. Tunggulah sampai website google ditampilkan.
  2. Setelah mesin pencari ditampilkan di jendela browser, ketikkan kata kunci, misalnya “lagu” di kotak teks pencarian. Tekanlah tombol Mesin Cari Google atau tekan tombol enter di keyboard. Proses pencarian akan dimulai. Tunggulah sampai hasil pencarian ditampilkan.
  3. Hasil pencarian akan ditampilkan, dimana terdapat 876.000 dokumen yang ditampilkan.
  4. jika kita merasa hasil pencarian masi terlalu banyak, mulailah pencarian dengan kata kunci yang baru dan lebih fokus, misalnya kata “lagu Peterpan”. Klik tombol Mesin Cari Google atau tekan tombol enter di keyboard.
  5. Hasil pencarian yang baru akan ditampilkan, dimana terdapat 13.300 dokumen yang ditemukan.

Kita dapat melihat bahwa menggunakan lebih banyak kata kunci pencarian akan membuat hasil pencarian yang lebih fokus.
·            Gunakan singkatan atau kepanjangan dari kata yang kita masukkan, misalnya MU atau ManchesterUnited
·         Ketiklah lebih sedikit huruf untuk kata kunci yang digunakan, misalnya BNI 46 menjadi BNI.
·         Gunakan kata “OR” untuk memasukkan kata-kata yang berbeda tetapi mempunyai arti yang sama, misalnya Setan Merah dengan Manchester United.
2.      Pencarian Menggunakan Kategori
Kita dapat memanfaatkan mesin pencari google.com untuk melacak alamat-alamat berdasarkan kategori tertentu. Contohnya kategori sport, culture, education, business, dan lain sebagainya.
Sport (olahraga) sebagai kategori besar masih dapat dibag lagi dalam beberapa sub kategori seperti olahraga air, atletik, dan lain sebagainya.

3.      Pencarian Menggunakan Kata Frasa
Frasa adalah gabungan  beberapa kata yang membentuk satu arti. Bila kata kunci pencarian yang digunakan berupa frasa, kita harus menambahkan tanda kutip ganda di awal dan di akhir frasa tersebut. Pencarian menggunakan frasa sangat bermanfaat untuk mempercepat pencarian jika kita sedang mencari istilah ucapan terkenal, nama sesuatu atau seseorang.
Mencari informasi menggunakan kata kunci berupa frasa dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Tampilkan mesin pencari Google di Browser.
  2. Ketikkan frasa yang hendak dicari dalam kotak teks pencarian dengan memberi tanda kutip di depan dan di belakang frasa tersebut, misalnya “batu ginjal”.
  3. Klik tombol Mesin Cari Google atau takan tombol enter di keyboard.
  4. Mesin pencari hanya akan mencari dan menampilkan dokumen-dokumen yang berisi frasa batu ginjal.

Selain dengan penambahan tanda kutip (“) secara manual seperti yang dilakukan diatas, kia juga dapat melakukan pencarian frasa dengan menggunakan Pencarian Canggih (Advance Search). Langkah-langkah untuk melakukannya sebagai berikut:
  1. Klik teks link Pencarian Canggih pada halaman depan Google. Halaman pencarian Canggih Google akan ditampilkan.
  2. ktikkan frasa yang hendak dicari ke dalam kotak teks dengan frasa yan tepat.
  3. Klik tombol Mesin Cari Google atau tekan tombol enter untuk memulai proses pencarian.
  4. Mesin pencari hanya akan mencari dan menampilkan dokumen yang berisis frasa “batu ginjal”.
4.      Menggunakan Fungsi Pengeculian
Kadang-kadang pada saat melakukan pencarian, ada kata-kata pengganggu yang membuat pencarian kita menjadi tidak fokus. Kita dapat menghilangkan kata penggangggu tersebut dari pencarian dengan menggunakan Pencarian Canggih dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Tampilkan mesin pencari di browser.
  2. Klik teks link Pencarian Canggih.
  3. Ketik kata kunci pencarian di kotak teks Dengan Semua Kata-kata.
  4. Di kotak teks Tanpa Kata-kata ketiklah kata pengganggu yang ingin dihilangkan dari pencarian.
  5. Lakukan pengaturan yang lain.
  6. Klik tombol Mesin Cari Google untuk memulai proses pencarian.

5.      Mencari File Berbahasa Indonesia
Google merupakan mesin pencari yag dilengkapi kemampuan untuk mencari informasi dengan menggunakan 36 bahasa yang berbeda, termasuk bahasa Indonesia. Sebagai contoh misalnya kita ingin mencari informasi tentang artis Britney Spears, jika kita tidak menentukan pilihan bahasa , ratusan ribu dokumen akan ditampilkan dalam bahasa Inggris. Karena itu pilihan bahasa akan sangat menolong kita, selain itu kita juga dapat mengatur waktu dokumen dibuat. Hal ini untuk mengatur agar informasi yang sudah usang tidak ditampilkan lagi.
Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Tampilkan mesin pencari Google di browser. Klik teks link Pencarian Canggih.
  2. Ketiklah kata kunci pencaian di kotak teks dengan semua kata-kata.
  3. Pada kotak drop-down Bahasa pilihlah Indonesia.
  4. Jika kita ingin membatasi waktu dan informasi yang kita dapatkan, pada kotak drop-down Tanggal, pilihlah waktu, misalnya  bulan terakhir.
  5. Klik tombol Mesin Cari Google atau tombol enter untuk mengaktifkan proses pencarian.
  6. Mesin Pencari akan  mencari dan menampilkan dokumen-dokumen tentang kisi-kisi Ujian Nasional.

No comments:

Post a Comment