Sunday, February 28, 2016

Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari

Sahabat TIK, Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari :
           a.    Peranan TIK dalam Pendidikan
Ada beberapa pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan, antara lain:
1)        Berbagi hasil penelitian
                 Teknologi informasi dan komunikasi seperti internet telah dimanfaat kan           untuk berbagi hasil penelitian diberbagai dunia, sehingga satu penelitian    bis dimanfaatkan oleh banyak orang dan bisa mencegah adanya        penelitian yang sama.
2)        Konsultasi dengan pakar
 Internet juga bisa dimanfaatkan untuk konsultasi antara pakar dan bahkan antara siswa dengan pakar pendidikan walaupun dengan jarak yang sangat jauh. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengirim E-Mail, Chatting atau Mailing List di Internet tersebut.
3)        Perpustakaan Online
Adalah perpustakaan dalam bentuk digital yang ditempatkan di internet. Perpustakaan online memungkinkan seorang pelajar dapat mengakses ke sumber-sumber ilmu pengetahuan dengan cara mudah tanpa harus dibatasi dengan jarak dan waktu.

4)        Diskusi Online
Adalah diskusi yang dilakukan di Internet. Aplikasinya adalah untuk pelajar dan mahasiswa agar saling bertukar pikiran tanpa harus berkumpul disuatu tempat. Dan mereka dapat berdiskusi dengan seorang pakar.

5)        Kelas Online
     Kelas online dapat digunakan oleh lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh, seperti Universitas Terbuka dan sekolah-sekolah terbuka ( SMP terbuka). Materi pelajaran dibuat interaktif dan menarik sehingga siswanya berkualitas.

b.   Keuntungan TIK Dalam Bisnis
Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai banyak keunggulan sebagai sumber informasi dan sarana komunikasi. Sebagai sumber informasi Internet merupakan sumber yang tidak terbatas.
Contoh pemanfaatan TIK dalam menunjang bisnis adalah:
1)      Internet Banking
Adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan internet. Dimana nasabah sebuah bank dapat melakukan transaksi perbankan di internet dengan cara masuk ke situs web bank tersebut, dan nasabah dapat mengakses data seperti; saldo, transfer uang pembayaran tagihan, dll. Dan transaksi penarikan atau penyetoran dapat dilakukan melalui ATM atau kasir bank


2)      SMS Banking
Adalah layanan perbankan dari bank yang dilakukan dengan menggunakan SMS.nasabah melakukan transaksi dengan mengirimkan sms ke nomor tertentu yang di sediakan bank. Bisa dilakukan pengecekan saldo, transfer uang dan pembayaran tagihan.

3)      E-Commerce ( Electronic Commerce)
Adalah perdagangan secara elektronik yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi internet.

c.    Pemanfaatan TIK Dalam Dunia Pemerintahan
Pemanfaatan TIK dalam bidang pemerintahaan di kenal dengan istilah e-government yaitu pemanfaatn teknologi dalam bidang pemerintahan melalui jaringan internet.

d.   Pemanfaatan TIK dalam bidang Sosial
Dalam bidang sosial pemerintah telah memanfaatkan internet, seperti menanggulangi kemiskinan dengan data yang di akses di internet.

Manfaatnya:
-             sebagai suber informasi dan sarana belajar bagi masyarakat
-             Sebagai sarana untuk melihat pasar yang lebih luas
-             Menumbuhkan jiwa kewiraswastaan
-             Meningkatkan informasi kesehatan
-             Mengembangkan perdagangan melalui e-commerce

No comments:

Post a Comment