Sunday, February 28, 2016

Perangkat Jaringan Komputer

Sahabat TIK, Sebuah jaringan komputer, dimana satu komputer terhubung dengan komputer yang lain, memiliki beberapa perangkat keras yang dibutuhkan. Perangkat-parangkat yang dimiliki oleh sebuah jaringan komputer adalah:

1.      Server
Komputer server biasanya mempunyai sistem operasi, aplikasi dan database yang menyediakan layanan kepada komputer-komputer lain dalam jaringan.
2.      Client
Komputer client adalah komputer yang digunakan untuk melakukan pengolahan data yang diambil dari server. Kompuer cient menerima pelayanan dari komputer server.
3.      Kartu Jaringan
Kartu jaringan adalah perangkat keras jaringan yang dipasangkan di motherboard komputer yang terdapat di jaringan (baik server maupun client).
4.      Hub
Hub berfungsi untuk membagi sinyal data dari LAN card. Hub juga berfungsi sebagai penguat sinyal. Hub memungkinkan sebuah kabel dari komputer server dihubungkan ke beberapa komputer client.
5.      Kabel dan Konektor
Kabel dan konektor adalah kabel jaringan yang digunakan unutk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain. Kabel yang umum digunakan di jaringan adalah kabel UTP ( Unshielded Twisted Pair)
6.      Repeater
Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal di jaringan. Repeater menguatkan sinyal yang diterima dari komputer pengirim sehingga kekuatan sinyal sama dengan kekuatan aslinya.
7.      Bridge
Bridge adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan (LAN) dengan jaringan yang lain.
8.      Router
Router berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Ada dua jenis router yang biasa digunakan yaitu router dedicated yang merupakan kelaran dari pabrik dan  router PC yaitu komputer PC yang dibuat jadi router.

No comments:

Post a Comment