Sunday, February 28, 2016

Perangkat Keras untuk Mengakses Internet

Sahabat TIK, Perangkat Keras untuk Mengakses Internet :
Perangkat Keras untuk Mengakses Internet dengan Sistem Dial Up
      Untuk menghubungkan komputer pribadi dengan jaringan internet, secara sederhana kita dapat memanfaatkan jalur telepon yang terdapat di sekolah atau di rumah yang biasa disebut PSTN (Public Switched Telephone Network). Melalui kabel telepon yang terhubung ke modem, kalian dapat mengirimkan data dan informasi seperti kalau kalian menelepon seseorang. Cara ini sering disebut koneksi internet sistem dial up.
      Untuk menghubungkan diri dengan internet, kalian memerlukan komponen koneksi berikut:
a.        Seperangkat komputer.
Kalian perlu mempersiapkan seperangkat komputer yang terdiri dari monitor, sistem unit CPU, dan perangkat periferal seperti keyboard dan mouse, serta kartu jaringan (Network Interface Card). Kartu jaringan yang sering digunakan adalah jenis ethernet. Kartu jaringan ini menyediakan port untuk kabel yang akan terhubung ke modem.
b.        Modem (Modulator Demodulator).
Pada saat kalian mengirimkan data atau informasi lewat internet, modem berfungsi untuk menerjemahkan data atau informasi yang semula dalam bentuk sinyal digital menjadi sinyal analog aga sinyal dapat dikirimkan melalui kabel telepon analog. Sedangkan pada saat kalian menerima data atau indormasi dari internet, modem berfungsi untuk memisahkan data dari sinyal kabel telepon. Selanjutnya, modem menerjemahkan data atau informasi sinyal analog menjadi sinyal digital.
Kecepatan modem dalam melakukan transfer data dan informasi diukur dengan satuan bit per detik (bit per second=bps). Saat ini, modem yang dijual di toko-toko komputer umumnya memiliki kecepatan transfer berkisar 56 kbps.
Modem yang dijual di toko-toko komputer juga dapat dikelompokkan dalam dua kategori, yaitu :
1.    Modem internal adalah perangkat modem yang dipasang menjadi satu kesatuan dengan motherboard pada sistem unit CPU. Harga modem internal relatif lebih murah, tetapi tidak fleksibel untuk penggunaan besama, karena harus bongkar pasang kartu modem yang terpasang pada motherboard.
2.    Modem eksternal merupakan perangkat modem yang terpisah dengan sistem unit CPU dan dihubungkan dengan komputer lewat kabel atau frekuensi. Modem jenis ini dapat dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain dengan mudah, tetapi harganya relatif lebih tinggi.
c.      Public Switched Telepone Network (PSTN)
merupakan jaringan telepon dari perusahaan jasa telekomunikasi yang ada di sekolah atau di rumah.
d.     Internet Service Provider (ISP) merupakan penyedia layanan akses internet. Untuk dapat terhubung ke internet, kalian harus mendaftarkan diri menjadi pelanggan sebuah ISP, seperti Indosatnet, Indonet, Telkomnet, dan lain sebagainya.
      Adapun perangkat yang digunakan oleh ISP untuk menghubungkan komputer ke internet terdiri dari:
·         Modem yang digunakan memiliki fungsi dan proses kerja yang sama dengan modem pada umumnya.
·         Firewall merupakan perangkat yang berisi sekumpulan program yang digunakan untuk menyaring virus atau mencegah akses dari orang yang belum mendaftar ke ISP tersebut.
·         Router merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan yang satu dengan jaaringan yang lain. Fungsi lain router adalah mencari rute yang akan dilewati oleh data atau informasi yang dikirim dari jaringan yang satu menuju ke jaringan yang lain.

1.      Perangkat Keras untuk Mengakses Internet melalui Teknologi ADSL
ADSL (Asymmetrical Digital Subscriber Line) adalah teknologi yang mengirimkan sinyal-sinyal melalui kabel tembaga pada frekuensi yang berbeda dengan frekuensi yang digunakan untuk pelayanan telepon. Modem yang digunaka haruslah modem yang mendukung pada teknologi ADSL
2.      Perangkat Keras untuk Mengakses Internet melalui Jaringan LAN
      Menggunakan kartu jaringan (LAN Card) dan kabel UTP
4.   Perangkat Keras untuk Mengakses Internet melalui jaringan GPRS
      Bagi kalian yang memiliki telepon seluler (ponsel) dapat juga memanfaatkannya sebagai media untuk mengakses internet. Ponsel dengan fasilitas General Packet Radio Service (GPRS) dan SIM Card yang menyediakan jasa layanan GPRS dapat menghubungkan komputer kalian dengan internet dengan kecepatan berkisar 20-30 kbps.
      Komputer yang digunakan pada umumnya berupa notebook (komputer jinjing) yang menyediakan port data yang dapat disambungkan ke ponsel. Port data pada komputer tentu saja harus disesuaikan dengan port data pada ponsel yang dapat berupa kabel data, sinar inframerah, atau bluetooth.
      Untuk koneksi ke internet lewat ponsel, perangkat ponsel tersebut berfungsi sebagai modem. Sinyal dari ponsel tersebut selanjutnya akan diterima oleh perangkat gateway yang dimiliki oleh ISP. Perangkat gateway tersebut berfungsi untuk menjembatani sinyal pada jaringan ponsel ke jaringan internet.
      Koneksi ke internet lewat ponsel ini dapat dilakukan dimana saja. Dengan syarat ponsel tersebut daat diakifkan dan dapat digunakan untuk mengirimkan sinyal ke operator ponsel yang bertindak sebagai ISP. Kadang-kadang hal itu sulit dilakukan, karena belum adanya standar dalam pengaktifan fasilitas GPRS dari beragam ponsel.

5.   Perangkat Keras untuk Mengakses Internet Melalui jaringan WiFi.
Wireless fidelity (WiFi) Merupakan teknologi jaringan nirkabel yang beroperasi pada frekuensi 2,4 GHz dengan kecepatan akses sampai 11 Mbps.
6.   Perangkat Keras untuk Mengakses Internet Menggunakan jaringan TV Kabel.
Jaringan tv kabel Juga menyediakan layanan akses komputer ke internet. Penggunaan jaringan tv kabel lebih menguntungkan karena tidak terganggu dengan penggunaan telepon. Selain itu, satu paket berlangganan internet lewat jaringan tv kabel sudah termasuk siaran tv kabel. Dengan demikian, fasilitas ini tepat untuk konsumsi keluarga-keluarga rumah tangga.
7.   Perangkat Keras untuk Mengakses Internet Menggunakan jaringan 3G
      Jika kita ingin menggunakan 3G kita membutuhkan sebuah handphone yang dilengkapi teknologi 3G dan SIM Card dari operator selular tertentu yang menyediakan layanan 3G. Ketika dihubungkan ke komputer dapat menggunakan kabel data, sinar infrared atau bloetooth, lalu intalkan drivernya

No comments:

Post a Comment