Sunday, February 28, 2016

Jenis-jenis Jaringan Komputer

Sahabat TIK,
1. Local Area Network (LAN)
Lokal Area Network (LAN) adalah jaringan yang terdapat dalam gedung atau perkantoran. LAN memungkinkan suatu perusahaan atau pabrik-pabrik dapat menggunakan sumber daya (misalnya printer) secara bersama-sama. Selain itu LAN juga memungkinkan komputer dapat saling berkomunikasi dan saling bertukar informasi. Kecepatan LAN berkisar dari 10 Mbps sampai 1 Gbps.
Menurut tipenya, LAN dapat berupa Client/server atau peer-to-peer.
a.      Client/server
Client/server adalah tipe jaringan yang memiliki client dan server. Client adalah komputer yang meminta layanan (dapat berupa data atau perangkat keras), sedangkan server adalah komputer yang bertindak melayani permintaan client. Server dapat berupa file server, web server, print server dan mail server.

b.      Peer-to-peer
Peer-to-peer adalah tipe jaringan yang memberikan kedudukan yang sama terhadap semua komputer. Tidak ada yang bertindak sebagai server maupun client. hanya dapat beralan efektif jika jumlah komputer tidak lebih dari 25 buah.

2. Metropolitan Area Network (MAN)
MAN adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. MAN umumnya digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang letaknya berdekatan dan berada di dalam kota yang sama.

3. Wide Area Network (WAN)
WAN adalah suatu jaringan yang memiliki jarak jangkauan sangat luas yang mencakup wilayah antarkota, antarprovinsi, antarnegar, bahkan antarbenua. Contoh WAN adalah jaringan yang menghubungkan ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Contoh lain adalah internet. WAN biasanya dihubungkan dengan menggunakan satelit atau kabel bawah laut. 

No comments:

Post a Comment