Sunday, February 28, 2016

Sejarah perkembangan Komputer per Generasi

Sahabat TIK,  Sejarah perkembangan Komputer terdiri dari :
·      Komputer Generasi pertama
Komputer generasi pertama dikembangkan dengan karakteristik bahwa komputer dibuat untuk melakukan pekerjaan tertentu yang spesifik, komputer sulit diprogram dan kecepatan dibatasi. Komputer ini mempunyai tabung vakum dalam jumlah besar sehingga ukurannya sangat besar. Untuk menyimpan  data di gunakan silinder magnetik dan membutuhkan daya yang sangat besar. Contoh komputer generasi pertama adalah Harvard Mark I, ENIAC dan UNIVAC.

·      Komputer Generasi Kedua
Komputer generasi kedua ini tidak lagu menggunakan tabung vakum tetapi memakai transistor di komputer, televisi dan radio. Dengan transistor maka komputer mengalami perubahan, seperti ukuran dan konsumsi daya komputer. Ukurannya lebih kecil dan energi yang digunakan menjadi lebih hemat. Dan data yang disimpan menggunakan memori inti magnetik. Dengan penggunaan transistor dan memori inti magnetik ini komputer yang lebih kecil, lebih cepat, lebih handal dan lebih efisien dalam penggunaan energi dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Pada generasi kedua ini komputer menggunakan bahasa Assembly, salah satu kompter generasi kedua adalah IBM 1401. Dan bahasa lain yang di gunakan adalah COBOL dan FORTAN pengganti bahasa Assembly.

·      Komputer Generasi Ketiga
Karena transistor pada generasi kedua mempunyai kelemahan yaitu menghasilkan panas yang cukup besar yang berpotensi merusak bagian-bagian komputer lainnya, maka ditemukanlah Sirkuit Terintegrasi (IC: Intergrated Circuit) dengan mengkompbinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Dan menggunakan chip tunggal. Ditemukan oleh Jack Kilby tahun 1985.

·      Komputer Generasi Keempat
Setelah ditemukan chip, ilmuwan berhasil menyusun chip-chip itu dalam sebuah sirkuit dan menghasilkan mikroprosesor.
Mikroprosesor pertama adalah Intel 4004 yang dibuat tahun 1971. Dan mikroprosesor yang digunakan untuk komputer adalah Intel 8008.
Keunggulan komputer generasi ini adalah :
-             harga komputer murah
-             Komputer dipakai diberbagai bidang
-             Dapat mengakses informasi dan hiburan dengan cepat
-             Menggunakan perangkat lunak pengolah kata dan pengolah angka.
-             Dapat dikembangkan dalam jaringan LAN dan internet.
Cotoh komputer generasi keempat; IBM PC/486, Pentium, Pentium II, III , IV, V dan lainnya. 

No comments:

Post a Comment