Laman

Kamis, 27 Desember 2012

Cara Menghadapi Masalah

            Setiap orang di dunia ini pasti punya Masalah, tidak ada orang yang tidak punya masalah. Karena dunia ini dipenuhi oleh sejuta masalah. Masalah merupakan ujian yang harus kita hadapi agar derajat kita semakin tinggi di mata allah swt. Agar kita semua bisa menghadapi semua masalah kita kali ini blog Dunia Remaja akan mengulas sedikit info tentang cara-cara menghadapi masalah.

            Masalah datang tiada henti pada kita semua. Oleh karena itu kita harus berikhtiar yang dibarengi dengan do’a kepada allah agar kita sanggup menghadapi masalah yang menimpa kita. Hal-hal dibawah ini semoga bisa meringankan masalah anda.



    1.     Sabar
Sabar adalah menerima dengan sungguh hati apa yang menimpa pada diri kita, tidak mengeluh dsb. Sabar merupakan kunci utama dalam menghadapi masalah. Karena allah itu selalu bersama orang-orang yang sabar. Sabar merupakan sifat seorang Mukmin. Hadits Nabi Muhammad saw :
“Sungguh menakjubkan perkara orang yang beriman, segala yang meinmpa dirinya baik baginya. Perkara itu yaitu : apabila seorang mukmin mendapat nikmat dari allah, maka di mensyukurinya. Karena ia tahu hal itu terbaik baginya. Dan apabila dia ditimpa masalah dan cobaan, maka dia bersabar. Karena ia tahu hal tersebut merupakan hal terbaik baginya.” (H.R Muslim)
2.      Tawakkal
Tawakal adalah berpegang diri atau berserah diri kepada allah swt. Dalam segala hal apapun khususnya dalam menghadapi masalah kita diperintahkan untuk berserah diri dan berpegang teguh kepada allah swt.  Karena dengan bertawakal allah akan memelihara segala urusan kita. Allah swt berfirman : “Dan bertawakallah kepada Allah dan cukup Allah sebagai pemelihara segala urusan”. Dalam menghadapi masalah kita hanya bertawakal kepada allah jangan bertawakal kepada makhluk allah seperti dukun, orang pintar, dsb. Itu semua dapat menjerumuskan kita kedalam lembah kemusyrikan. Sebagai orang yang beriman kita kan punya yang lebih hebat yang bisa membibing kita menyelesaikan masalah yaitu ALLAH AZZA WA JALLA.
3.      Ikhtiar
Selain kedua hal diatas kita juga diwajibkan untuk berikhtiar untuk mengukur seberapa besar usaha kita untuk keluar dari masalah yang kita hadapi. Kita diwajibkan untuk berusaha menyelsaikan masalah kita sendiri dengan perbuatan yang masih mampu kita lakukan. Karena masalah tidak akan cepat selesai jika kita terus berdiam diri. Kedua hal nomor 1 dan 2 diatas hanya sebagai penopang agar kita kuat dalam menghadapi semua masalah kita.
4.      Berdo’a
Hal yang satu ini mungkin tak kalah pentingnya dalam menghadapi masalah. Karena do’a itu merupakan senjata orang mukmin. Kita diperintahkan untuk berdo’a meminta petunjuk kepada alah swt , meminta agar allah selalu membimbing kita dalam menghadapi semua masalah kita dan lain sebagainya.
            Demikian lah artikel singkat tentang cara menghadapi masalah. Artikel ini tercipta berkat bantuan dari berbagai sumber informasi. Kesimpulannya adalah dalam menghadapi masalah sebagai seorang mukmin, Cara menghadapinya pun harus mencerminkan sifat seorang mukmin juga. ^_-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar